• Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id.
  • Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id.
  • Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id.
Mohon maaf bila ada kesalahan penulisan / ® (copyright) yang kurang benar. Blog ini masih dalam proses renovasi

10 Tips Agar Komputer Tahan Lama

November 18, 2009 Label:
begitu banyak cara tertentu supaya komputer yang kita sayangi terus terjaga baik performa maupun kestabilan systemnya terlebih keamanan datanya ini yang sangat penting. walaupunkecanggihan komputer di era global ini terus meningkat namun tetap perlu di ingat komputer buatan manusia. dibawah ini adalah 10 tips agar komputer anda bisa tahan lama lebih stabil dan dan tentunya memperpanjang usia komputer :

  1. Usahakan Sediakan UPS, tegangan listrik yang turun-naik atau mati tiba-tiba akan berdampak buruk pada PC , apalagi PC yang sudah lama, ini akan berakibat rusaknya Power Supply, Hardisk, bahkan yang lebih parah kerusakan pada Motherboard. Hardisk perlu kesetabilan saat bekerja, bila tiba-tiba listrik mati terjadilah kejutan yang bisa menyebabkan tergoresnya track tecordingnya maka munculah bad sector, bad sector hanya bisa dilihat jika kita check lewat scandisk. bad sector tidak bisa di isi file untuk operasional system maupun menyimpan data, yang mengakibatkan berkurangnya kapasitas hardisk itu sendiri. oleh sebab itu usahakan UPS atau External battery sebagai pengaman bila terjadi mati lampu maka komputer tetap hidup untuk beberapa saat, sehingga masih ada waktu untuk mematikan (turn off)komputer sesuai prosedur.
  2. Stavolt, Untuk UPS yang sudah termasuk stavolt (penstabil naik-turun tegangan) tidak bermasalah, tetapi yang tidak termasuk stavolt di dalamnya maka lebih baik disediakan stavolt tambahan sebagai stabilizer, sehingga walau tegangan listrik naik-turun pun, tidak mengganggu keamanan komputer sendiri.
  3. Usahakan mersihkan CPU dari debu, biasanya CPU tower di taruh di samping meja user, di letakan dilantai sehingga kemungkinan masuknya debu kedalam CPU besar sekali, Debu sebagai penghantar panas, sehingga apa bila komponen CPU , misalnya Prosesor, walau tersembunyi debu bisa masuk juga, memori/ RAM sering kali kena debu, dan kerja komputer jadi ngadat, hang atau bahkan komputer tidak bisa dinyalakan timbul suara beep…. maka check dan segera bersihkan lah kompenen tersebut , pasang kembali dan nyalakan.
  4. Hindari Air, tidak menutup kemungkinan keyboard tersiram oleh air . Pernah kejadian keyboardku kena air tanpa sengaja, akhirnya terjadilah konseleting pada lempegan di dalam keyboard , walau dibersihkan atau dijemur tetap tidak bisa diperbaiki, akhrnya di ganti.
  5. Voltase, Untuk di Indonesia voltase memakai 220 volt, tapi jika memakai komputer produk Jepang masih ada yang memakai 110 volt, sehingga apabila anda menyalakannya jangan lupa sediakan adapter untuk menurunkan voltase dari 220 ke110 volt. kalau tidak pasti kebakaran yang terjadi..
  6. hindari kemungkinan tersengatan petir, untuk daerah rawan petir, terutama jaringan komputer yang terhubung menara yang tidak dilengkapi penangkal petir, berbahaya bila terkena petir akan merembet keseluruh jaringan. karena itu sediakan penangkal petir lebih baik.
  7. Jauhkan dari medan magnetik, magnetik bisa mengganggu performa CPU dan monitor sehingga lebih baik jauhkan. jangan biasakan menyimpan barang berlogam berdekatan dengan komputer anda kaya HP, MP3, Kamera Digital, Tape, dan banyak lagi sejenis logam dan magnet.
  8. Jangan lupa Gunakan Antivirus di system komputer anda, Pastikan komputer anda sudah ada Antivirus dan selalu di update.
  9. Tambahkan program utilities dikomputer anda untuk menghapus sisa registry dan sampah dari internet (cokies)atau sisa2 instal dan unistal, cari tool softwarenya di internet seperti: pctool, systemechanic, pcwasher dan sejenisnya. atau anda bisa mendownload tune up utilities 
  10. Jauhkanlah komputer anda dari ruangan yang lembab, karena akan mempengaruhi kerja pc komputer anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Ahmad Syaifuddin © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates